Indonesia Masuki Era 5.0, Pertanian Indonesia Memaksimalkan Pemanfaatan Teknologi

SINERGIANEWS.com – Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian (Mentan), mengatakan era 4.0 telah berlalu dan Indonesia telah memasuki era 5.0. Dalam era ini, pertanian akan terus menjadi industri yang signifikan, dan akibatnya, penggunaan teknologi dan otomatisasi dalam pertanian tidak dapat dihindari.

“Negara maju, menurut saya, adalah negara yang memiliki agama yang sehat dan pertanian yang sehat. Artinya, kalau mau desa, kelurahan, kabupaten, provinsi, dan bangsa yang unggul harus mengembangkan agama dan pertanian,” ujarnya, Minggu (4/7/2021) di BBPP Batangkaluku, Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Tren Uang Kripto di Dunia: Indonesia Berinisiatif Untuk Proaktif

Advertisements

Menteri Pertanian hadir dalam sesi pelatihan penggunaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan)  untuk meningkatkan produktivitas tanam padi bagi ribuan penyuluh dan petani di Indonesia. Acara yang dipandu oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) ini menarik ribuan peserta secara offline dan online.

Mantan Gubernur Sulsel itu menyoroti betapa indah dan menyenangkannya bertani. Bahkan ketika Covid-19 melanda dunia, membuat semua orang tidak berdaya dan menyebabkan ekonomi global terhenti, pertanian mampu berkembang dan tumbuh.

“Jika kita melihat PDB, kita melihat bahwa hanya pertanian yang meningkat, sementara semua sektor lainnya mengalami penurunan. Selain itu, ekspor kita tumbuh 15,79 persen, mencapai Rp451,77 triliun pada 2020. Tahun ini, kita berkontribusi 39,99 persen di kuartal pertama saja. Ini menyiratkan kebutuhan pertanian,” katanya.

Advertisements2

TERKINI

PILIHAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Open

Close