Ilmuwan Temukan Bukti Baru Adanya Air di Mars

oleh
Ilmuwan Temukan Bukti Baru Adanya Air di Mars
Ilmuwan Temukan Bukti Baru Adanya Air di Mars

SINERGIANEWS.com – Baru-baru ini Robot penjelajah NASA di Mars, Perseverance mengirimkan foto yang bisa menjadi bukti bahwa Planet Mars pernah memiliki air.

Dilansir dari The Guardian (9/10/2021), foto-foto tersebut memberikan informasi yang akan membantu dalam pencarian kehidupan purba di Mars.

Perseverance mendarat di Kawah Jezero pada bulan Februari, di mana para ahli geologi percaya bahwa pernah ada danau dan sungai yang telah lama hilang.

Sungai tersebut diyakini telah mengalir air ke danau terdekat, mengendapkan sedimen di delta yang menyerupai kipas dari luar angkasa.

Advertisements

Studi ini menganalisis foto resolusi tinggi tebing yang sebelumnya merupakan tepi delta yang diperoleh oleh Perseverance. Lapisan tebing menunjukkan bagaimana itu terbentuk.

Amy Williams, ahli astrobiologi NASA, dan timnya di Florida, Amerika Serikat (AS), menemukan kesejajaran antara fitur tebing yang terlihat dari dasar kawah dan pola di delta sungai Bumi.

Bentuk tiga strata yang lebih rendah menyiratkan bahwa air itu ada dan mengalir terus menerus dari awal. Ini menunjukkan bahwa Mars cukup hangat dan lembab sekitar 3,7 miliar tahun yang lalu untuk mendukung siklus hidrologi.

ad-sn

Advertisements2

No More Posts Available.

No more pages to load.