Daftar Asteroid Nyaris Tabrak Bumi, Mulai Seukuran Rumah Hingga Satu KM

oleh
Asteroid Dekati Bumi
Asteroid Dekati Bumi

SINERGIANEWS.com – Bumi terus-menerus dilewati oleh asteroid. Namun, kadang-kadang, beberapa asteroid menarik perhatian para astronom karena ukurannya yang besar dan jarak orbitnya yang terlalu dekat dengan Bumi.

Karena ancaman yang ditimbulkan oleh asteroid besar ini tidak dapat diprediksi, NASA mendirikan Pusat Studi Objek Dekat Bumi untuk mempelajari asteroid dekat Bumi (CNEOS). Tugas utama CNEOS adalah menentukan orbit asteroid dan komet, serta kemungkinan benda-benda ini bertabrakan dengan Bumi.

CNEOS dan sejumlah lembaga satelit lainnya telah mencatat insiden asteroid besar yang mendekati Bumi dalam beberapa tahun terakhir. Berikut lima insiden asteroid yang mendekati Bumi.

Asteroid 2020 QG

Asteroid 2020 QG mungkin tidak lebih besar dari SUV. Namun, benda luar angkasa ini adalah asteroid yang melewati Bumi pada jarak 2.950 kilometer.

Advertisements

QG 2020 melintas pada 16 Agustus 2020, dan para astronom menemukan asteroid ini pada hari yang sama. Meski berdiameter hampir 3-6 meter, asteroid ini mendekati Bumi dengan kecepatan 44.000 kilometer per jam.

Duet asteroid 2011 ES4 dan asteroid 2020 QG5

Pada 1 September 2020, dua asteroid hampir bertrabrakan dengan Bumi, yaitu asteroid 2011 ES4 dan asteroid 2020 QG5. Untungnya, kedua asteroid ini lewat dengan aman di dekat Bumi dan tidak menyebabkan kerusakan apa pun.

Advertisements2

No More Posts Available.

No more pages to load.