Bacaan Niat Puasa Sunnah Tasua dan Asyura dan Jadwalnya

oleh
Bacaan Niat Puasa Sunnah Tasua dan Asyura dan Jadwalnya
Bacaan Niat Puasa Sunnah Tasua dan Asyura dan Jadwalnya

SINERGIANEWS.com – Tahun Baru Islam diperingati pada 1 Muharram yang tahun ini jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021 tahun ini.

Sedangkan untuk waktu untuk puasa Sunnah Muharram 2021, yaitu jadwal puasa tasua (9 Muharam) dimulai pada Rabu, 18 Agustus 2021, dan puasa Asyura (10 Muharam) pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Kedua puasa tersebut, tasua danasyura hukumnya sunnah. Puasa ini dilaksanakan pada bulan Muharram.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun dianjurkan bagi seorang Muslim untuk melakukannya demi memperoleh kebajikan, tidak apa-apa jika hal itu tidak dilakukan.

Menurut riwayat Imam Nasai, Nabi berpuasa di bulan Muharram setelah Ramadhan. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits tersebut:

Advertisements

“Sesungguhnya Muharram adalah bulannya Allah yang di dalamnya tepat menjadi hari bertaubat umat Islam atas dosa-dosa yang terdahulu.”

Sedangkan nilai puasa Asyura tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah RA, yang sesuai dengan sabda Nabi SAW:

ad-sn

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas,” (HR Muslim).

Advertisements2