Asteroid Sebesar 3x Ukuran Taj Mahal Dekati Bumi 24 Juli, NASA: Kategori Berbahaya

Pada 24 Juli, sebuah asteroid berukuran tiga kali Taj Mahal diperkirakan akan melewati Bumi. Asteroid tersebut diklasifikasikan sebagai berbahaya oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Sebuah asteroid besar diyakini melakukan perjalanan dengan kecepatan sangat tinggi, dan diberi sebutan ‘2008Go20’.

Asteroid itu terbang dengan kecepatan sekitar 8 kilometer per detik, atau lebih dari 28.800 kilometer per jam. Itu sangat tinggi sehingga benda luar angkasa apa pun yang terkandung di dalamnya akan mengalami konsekuensi bencana.

Menurut Live Mint, objek dekat Bumi atau NEO ini memiliki diameter sekitar 220 meter dan mengorbit Bumi pada jarak 4,7 juta kilometer. Sebagai perbandingan, jarak Bumi dari Bulan adalah 384.400 kilometer.

NASA merakit objek tersebut karena kedekatan orbitnya dengan bumi dan penunjukannya sebagai Apollo, yang berisi asteroid paling mematikan.

Advertisements

Awal bulan ini, sebuah asteroid seukuran Menara Eiffel bernama 2021KT1 diumumkan mendekati planet Bumi dan digolongkan sebagai ‘mungkin berbahaya’.

Pada jarak 4,5 juta kilometer, asteroid 2021KT1 mendekati Bumi. Objek yang berpotensi berbahaya didefinisikan sebagai objek yang lebih dekat dari 4,6 juta kilometer.

Menurut Joint Propulsion Laboratory (JPL) NASA, asteroid adalah batuan yang tersisa dari kelahiran tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

Menurut Joint Propulsion Laboratory (JPL) NASA, sebuah asteroid diklasifikasikan sebagai objek dekat Bumi jika jaraknya kurang dari 1,3 kali antara Bumi dan Matahari. Jarak antara Bumi dan Matahari sekitar 93 juta kilometer.

Advertisements2

TERKINI

PILIHAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Open

Close