Apa Saja Manfaat Urang Aring? Gak Cuma Menyuburkan Rambut, Bisa Atasi Kram Hingga Alzheimer

oleh

Ketika mendengar kata urang-aring, apa yang muncul di benak Anda? Umumnya urang-aring disebut sebagai minyak rambut karena aromanya yang khas. Namun, ada manfaat kesehatannya.

Urang-aring adalah salah satu bentuk tumbuhan liar. Tanaman merambat yang bernama latin Eclipta alba Hassk ini terkenal dengan khasiat pemupukan rambutnya. Selain itu, urang-aring memiliki khasiat obat.

Urine mengandung zat pewarna hitam yang dapat menggelapkan rambut untuk sementara. Jus aring digunakan untuk mewarnai rambut menjadi hitam dan untuk membuat tato.

Daun urang-aring dapat diremas dalam air kemudian digunakan untuk mendinginkan dan menyehatkan kulit kepala dan rambut. Biasanya, cairan urin ditambahkan ke kepala bayi untuk menumbuhkan rambut hitam dan tebal dengan cepat.

Advertisements

Gulma hijau dengan bunga putih ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dalam bidang pengobatan. Urang-aring dipercaya memiliki umur panjang dan khasiat meremajakan dalam pengobatan India.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa aring memiliki khasiat terapeutik untuk gangguan hati dan lambung.

Menurut J. Kloppenburgh-book Versteegh’s Guidelines and Suggestions for Traditional Indonesian Herbal Medicine, berikut ini manfaat urang-aring bagi kesehatan.

Advertisements2