Rabu, 19 Desember 2018

Majalah Sinergia Volume XXIII: Bayang-Bayang Darurat Energi

Cover Majalah Sinergia Volume XXIII 2018 (Ilustrasi: Sinergia)

Entah apa yang membuat khalayak tersipu dengan perkembangan isu yang sedang hangat-hangatnya. Tahun politik menjadi sebuat makanan yang manis untuk disantap dengan segelas teh manis. Hanya, masyarakat pada cenderung fokus pada satu titik tersebut. Apa karena banyak memperoleh proyek-proyek partai politik, tim pemenangan caleg/capres? Sungguh tak indah jadinya negeri ini terkooptasi dengan satu makanan, membuat mati sendi-sendi nasionalisme. Karena nasionalisme bukan hanya soal politik berdemokrasi!

Bukan hanya sibuk urus kemenangan para caleg dan capres, tentu masih ada masalah-masalah di negara kita ini untuk diangkat menjadi diskursus baru. Tidak melulu soal kepentingan politik, tetapi kepentingan kedaulatan energi nasional. Padahal Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah untuk keberlangsungan ketahanan energi nasional.

Indonesia masih termasuk negara yang berkembang dan sedang mempersiapkan tahapan-tahapan membangun kedaulatan energi nasional. Jika hal ini tidak didorong oleh keinginan bersama, kedaulatan energi nasional kita tidak akan berjaya. Soal-soal itulah yang seharusnya juga dikembangkan oleh warga negara yang baik, ilmuan, politisi dan mahasiswa. Tidak akan mudah, paling tidak bangsa ini tidak terjebak pada satu problem sosial saja, dan ada yang perlu kita garap dan selesaikan bersama.

Majalah Sinergia Volume XXIII mengangkat satu soal berkenanan dengan bagaimana bangsa ini, khususnya mahasiswa/pemuda melihat kedaulatan energi nasional, ditengah kesibukan politik berdemokrasi bangsa. Silahkan dinikmati para penikmat Sinergia, dan jangan lupa! Kritik dan saran anda yang membangun membuat kita terus berbenah diri, dan akan selalu memberi yang terbaik bagi penikmat Sinergia.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: