Senin, 05 Maret 2018

LKK KOHATI HMI Cabang Yogyakarta Soroti Persoalan Sosial dan Kemanusiaan

Dr. Sri Wahyuni, S.Ag., M.Ag., M.Hum. sebagai salah satu keynote speaker memberikan materi pada pembukaan LKK KOHATI HMI Cabang Yogyakarta, Minggu (4/03/2018). (Foto: sinergianews.com/Faiz Rifqy Ak)

SINERGIANEWS.COM – Yogyakarta, Korps HMI-Wati (KOHATI) HMI Cabang Yogyakarta menggelar pembukaan Latihan Khusus KOHATI (LKK) di Pondok Pemuda Ambarbinangun Yogyakarta, Minggu (4/03/2018).

Kegiatan ini diadakan sampai tanggal 10 Maret 2018. Hari kedua sampai hari terakhir, LKK HMI Cabang Yogyakarta dilaksanakan di gedung Lafran Pane Student Convention Center (SCC) UII Jalan Kaliurang KM 23 Sleman Yogyakarta.

Adapun Tema yang diangkat “Reimplentasi Identitas HMI-Wati: Terbinanya Muslimah yang Berilmu, Berkemanusiaan, dan Berkeadilan untuk Mencapai Tujuan HMI”.

Itsna Nurhamidah selaku Ketua Panitia Pelaksana memaparkan beberapa hal tentang kegiatan yang diikuti oleh 39 kader HMI se-Indonesia. Semula 40 kader HMI yang lolos pada tahap seleksi jurnal, kemudian 39 kader dari 33 cabang yang masih bertahan hingga masuk ke forum training.

“Sebagai kaum terpelajar kita pasti berilmu, berkemanusiaan itu merupakan perwujudan dari ilmu yang telah kita peroleh, sedangkan outputnya adalah berkeadilan, yang hasil akhirnya mencapai tujuan HMI, dan tiga aspek ini saling bersinergi,” tutur Sekretaris Bidang Internal KOHATI HMI Cabang  Yogyakarta.

Senada dengan Itsna, Lusia Ega Andriana, S.IP., selaku Ketua Umum KOHATI HMI Cabang Yogyakarta periode 2017-2018 menyampaikan bahwasannya tema ini didasari oleh beberapa latar belakang yang cukup kompleks, dengan berbagai persoalan-persoalan kemanusiaan yang perlu diperhatikan secara bersama.

“Dalam mencapai tujuan HMI ini, kita memasukkan 3 poin dasar yang seharusnya ditanamkan pada diri HMI-Wati sejak dini, yaitu berilmu, berkemanusiaan, dan berkeadilan,” pungkas Lusia kepada sinergianews.com.

Lusia juga berharap dengan adanya training ini, minimal peserta LKK dan seluruh komponen yang terlibat (Pengurus dan Panitia, Red) timbul kesadaran bahwa kita harus peduli dengan sekitar dan kita aplikasikan dalam bentuk kemanusiaan, sehingga kita lebih peka terhadap isu-isu sosial.

Selain itu, LKK  kali ini memiliki beberapa format baru untuk memberikan pembelajaran mengenai softskill yang sesuai dengan pedoman dasar KOHATI (PDK) salah satunya ada softskill public speaking, softskill psikologi keluarga dan perempuan, softskill merawat jenazah, gender dll.

Kegiatan tahunan KOHATI HMI Cabang Yogyakarta ini juga dihadiri oleh Dr. Sri Wahyuni, S.Ag., M.Ag., M.Hum. (Wakil Dekan II Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga), Fitroh Nurwijoyo Legowo (Ketua DPD KNPI DIY), Marzuki A.R. Simatupang (Alumni HMI Cabang Yogyakarta), Lembaga-lembaga, KORKOM, Komisariat-komisariat dan beberapa OKP-OKP di Yogyakarta. (Sgt)

Reporter: Faiz Rifqy Ak
Redaktur Online: Qodri Syahnaidi

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: